Pemkab Muaro Jambi Berikan Bantuan Gadis Mungil Pengidap Penyakit Syndrom Nefrotik

Kopasjambi.com, Muaro Jambi – Pemkab Muaro Jambi Berikan Bantuan Gadis Mungil Pengidap Penyakit Syndrom Nefrotik. Mutmainah gadis mungil pengidap penyakit Syndrom Nefrotik (Ginjal) dan Syndrom Steroid akhirnya mendapatkan bantuan dari pemerintah Muaro Jambi.

Anak 2 tahun tersebut merupakan warga Desa Sarang Burung Kecamatan Jambi Luar Kota, saat ini terbaring lemah di Rumah Sakit Raden mattaher Jambi. Dia sudah di tangani oleh tim medis di rumah Sakit Raden mattaher Jambi sejak beberapa waktu lalu.

Kondisinya sangat memprihatikan, matanya membengkak akibat dari pengaruh sakit Syndrom Nefrotik (Ginjal) dan Syndrom Steroid yang di idapnya, badan lemah dan sesekali dia menangis akibat menahan rasa sakit.

Berdasarkan hasil rekaman medis, pihak RSUD Raden Mattaher Jambi, Mutmainah akan di rujuk ke Rumah Sakit di Daerah Palembang. Namun orang tuanya kebingungan apa bila anak kesayangannya dibawa ke Palembang. Sebab akan membutuhkan banyak biaya, terlebih mereka bukan dari keluarga yang berada.

“Untuk makan saja sulit, saya sudah tidak berkerja karena fokus mengurus putri saya, sebab isterinya sudah meninggal dunia sejak satu tahun lalu” kata Rudi Hartono.

“Sekarang berobat menggunakan SKTM, sebab kami tak punya BPJS,” tambahnya.

Mengetahui ada warga yang mengalami kesulitan, Pemerintah Kabupaten Muaro melalui Dinas Sosial Kabupaten Muaro Jambi bersama instansi terkait bergerak cepat.

Kepala Dinas Sosial Muaro Jambi Candra Budy Rosa langsung menjenguk Mutmainah yang sedang mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Menurut Budy, saat ini dinas sosial dan Dinkes tengah mengurus BPJS kesehatan dari anak tersebut. Namun untuk efektivitas kartu baru bisa di gunakan pada 1 Januari 2023 mendatang. Hal itu sudah sesuai dengan ketentuan dari BPJS.

Baca Juga  Warga Bukit Baling Tewas Terbakar Saat Bersihkan Lahan 

“Kartu BPJS tidak di buatkan untuk pasien tetapi juga untuk seluruh keluarga nya termasuk kakeknya yang saat ini juga dalam keadaan sakit,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Muaro Jambi, Candra Budy Rosa. Jumat (13/1).

Katanya, pembiayaan kartu BPJS nya dan seterusnya bersumber dari Dana APBD Muaro Jambi tahun 2023.

 

Pemerintah Bantu Biaya pengobatan Selama di Palembang

Selain itu, pemerintah juga akan membantu uang untuk biaya pengobatan pasien selama di Palembang nantinya. Kata Budy, berdasarkan komunikasi Dinas Sosial dan kesra, dapat di bantu uang tunai. Anggaran ini berasal dari APBD Kabupaten Muaro Jambi tahun 2023.

Untuk hal itu. Pihaknya akan berkomunikasi dengan Perangkat desa Sarang Burung untuk mencari solusi awal sehingga di harapkan ada dana talangan terlebih dahulu.

“Kita juga membantu biaya permakanan kepada pasien dan keluarga pasien di desa Sarang Burung selama proses pengobatan berlangsung. Di samping bantuan permakanan kita juga bantu perlengkapan lain seperti kasur, makanan siap saji dan roti bagi keluarga korban,” tegasnya.(R3)

Komentar