Tim TFURP Singapura Tinjau Danau Sipin, Lokasi Proyek Ketahanan Iklim

Kopasjambi.com, KotaJambi – Delegasi Temasek Foundation Urban Resilience Programme (TFURP) Singapura kunjungi Kota Jambi (7/3). Kedatangan tim yang berjumlah tiga orang tersebut untuk meninjau secara langsung Kawasan Wisata Danau Sipin Kota Jambi. Yang akan menjadi lokasi proyek ketahanan kota-kota dunia terhadap perubahan iklim. Kota Jambi terpilih menjadi kota di Indonesia yang terpilih masuk dalam proyek global untuk penanganan isu dan ketahanan iklim/lingkungan. Serta kerangka pembangunan berkelanjutan.

Proyek ini di gagas oleh Wali Kota Jambi Syarif Fasha dalam kesempatan World Cities Summit 2022 (WSC) yang di gelar di Singapura pada tahun 2022 lalu. Dalam kesempatan pertemukan para pemimpin pemerintah dan industri, serta pakar perkotaan terkemuka dari seluruh dunia. Untuk membahas tantangan kota layak huni dan berkelanjutan tersebut. Wali Kota Fasha di daulat menjadi pembicara untuk membahas kiat “best practice” Kota Jambi “menyulap” Danau Sipin menjadi kawasan wisata utama di Kota Jambi. Yang menjadi bagian dari Temasek Foundation Urban Resilience Programme (TFURP).

Sebagai tindak lanjutnya, Kota Jambi telah masuk menjadi kandidat proyek TFURP. Tim yang hadir akan meninjau langsung dan membuat kajian Feasibility Study/studi kelayakan and desain. Untuk kemudian akan diusulkan dana penyediaan infrastruktur, serta kampanye & pelatihan penyadaran masyarakat. Dengan total anggaran sekitar US$7.000.000 (tujuh miliar US Dollar).

Delegesi Keliling Danau Gunakan Ketek Wisata

Setibanya di Danau Sipin, delegasi TFURP tersebut berkeliling menggunakan ketek wisata Kota Jambi. Di dampingi OPD Pemkot Jambi, seperti Kepala Bappeda Kota Jambi. Kadis Pariwisata Kota Jambi, Kadis DLH Kota Jambi, Kabag Kerjasama Kota Jambi, Kabid SDA PUPR Kota Jambi, Diskominfo Kota Jambi dan perwakilan BWSS IV Jambi. Tim mendapat paparan mendalam terkait kawasan Danau Sipin, yang akan menjadi bagian penting kajian proyek ini.

Seusai melakukan tinjauan lapangan, tim yang berasal dari Singapura ini di jamu oleh Wali Kota Jambi Syarif Fasha. Dalam jamuan tersebut, Fasha lebih detail menjelaskan konsep pengembangan Danau Sipin dan visi pembangunan Kota Jambi berwasasan lingkungan. Yang di gagas olehnya dalam rencana pembangunan Kota Jambi.

“Kita ingin berkontribusi besar dalam menghadapi isu dan tantangan global saat ini, seperti perubahan iklim dan isu lingkungan. Kota Jambi memiliki visi pembangunan perkotaan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Kita sudah mulai di TPA Talang Gulo, Danau Sipin, dan lainnya,” ujar Fasha seusai menerima tim TFURP Singapura.

Fasha Apresiasi Dukungan Negara Asing

Sedangkan Khusus untuk Danau Sipin, Fasha jelaskan bahwa Pemkot Jambi bersama banyak pemangku kepentingan termasuk masyarakat, telah berkolaborasi agar danau sipin bersih, dengan berbagai tantangannya.

Komentar