Hardiknas 2023, Gubernur Al Haris Tekankan Penerapan Kurikulum Merdeka

Kopasjambi.com, Kotajambi – Hardiknas 2023, Gubernur Al Haris tekankan penerapan Kurikulum Merdeka. Pimpin apel peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 di halaman kantor GubernurJambi (02/05/2023), Gubernur Jambi Al Haris berkomitmen meningkatkan meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Jambi dengan penerapan Kurikulum Merdeka.

Saat apel tersebut, Gubernur Al Haris membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan. Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim.

Selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar, di mana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah di luncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara. Yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik. Agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

“Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar. Pada
jenjang perguruan tinggi, adik-adik pelajar dan mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas. Sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar sekolah dan kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka”, Kata Nadiem Makarim

Di katakan Nadiem, para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru Nusantara. Merupakan kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini. Perjalanan harus di lanjutkan, perjuangan juga mesti diteruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita.

Komentar