Gubernur Alharis Paparkan Strategi Pengendalian Inflasi Dihadapan Mendagri Tito Karnavian

Kopasjambi.com, Gubernur Jambi Alharis memaparkan strategi pengendalian Inflasi di hadapan Mendagri Tito Karnavian. Pemaparan di sampaikan lewat video conference dalam rangka pengendalian inflasi di indonesia pada Senin Pagi 28 November 2022.

Rapat di gelar Kemendagri dengan berbagai pihak terkait. Beberapa strategi yang di sampaikan Alharis di antaranya gerakan menanam cabai. Kemudian memberikan bantuan bibit hortikultura kepada para petani, sehingga Provinsi Jambi pada bulan Oktober mengalami deflasi.

Hanya saja komoditas beras dan minyak goreng yang sedikit mengalami kenaikan. Namun dirinya berkomitmen untuk dapat mengendalikan harga, dengan memberikan subsidi kepada distributor dan memprogramkan pembelian beras lokal serta melaksanakan operasi pasar murah.

“Kenaikan kami memang beras dan minyak goreng pak, yang di Kota Jambi sudah dapat kita kendalikan pak. Namun yang naik lagi di kota Muara Bungo, naiknya cukup signifikan. Langkah kami pertama memaksimalkan kerja TPID. Bantuan bibit terus kami lakukan, dan terus gencar tanam cabe dan sebagainnya,” papar Alharis di hadapan Mendagri.

“Kemudian operasi pasar juga pak kami galakkan semua hari ini. Kemudian juga subsidi langsung ke distributor, seperti beras agar bisa meredam harganya. Kalau cabe dan bawang petani kita sedang gencar menanam semua pak,” pungkas Gubernur Alharis.

Tito Karnavian Apresiasi Langkah Gubernur Jambi

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Profesor Tito Karnavian memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jambi. Karena telah memiliki strategi pengendalian inflasi daerah. Mendagri mengingatkan agar pemerintah daerah terus melakukan pemantauan harga dan memastikan ketersediannya. Selain itu, pemda juga berkoordinasi dengan daerah penghasil komoditi untuk memastikan kelancaran pasokan.

“Terus pantau harga ini pak Gubernur, terus rapat dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah karena tidak mungkin diatasi sendiri. Libatkan semua, BI, BPS, TNI-Polri, para distributora dan lainnya. Terus gencarkan gerakan menanam, tanam di perkarangan, terutama yang di koordinir oleh teman-teman TNI,” tegas Tito Karnavian

Dengan kerja keras Gubernur dan semua stake holder yang terlibat, pada bulan Oktober 2022 ini Provinsi Jambi mengalami deflasi sebesar 0,27 persen. Angka inflasi turun menjadi 7,10 persen dari sebelumnya 8,09 persen pada bulan september. (R1)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar